Home » , , » Cara Mengganti LCD Oppo A3S sendiri

Cara Mengganti LCD Oppo A3S sendiri

Posted by Improop Blog' on Tuesday 28 April 2020

LCD merupakan salah atu komponen utama yang terdapat pada sebuah gadget. Semua aktifitas pada sebuah gadget dioperasikan melalui LCD. Dapat dibayangkan apa yang terjadi jika touchscreen atau LCD pada gadget rusak karena terjatuh atau terbentur sesuatu.

Ada 2 macam LCD yang beredar dipasaran, ada LCD soket dan ada LCD yang disolder langsung ke papan mainboard. Untuk yang kita bahas kali ini, kita akan mengganti LCD OPPO A3S, dimana LCD tersebut adallah LCD yang menggunakan soket.

Sebellum kita memulai tutorial Cara mengganti LCD OPPO A3S SENDIRI ini, kita siapkan Alat dan bahannya.

1. LCD Baru Oppo A3s
2. Spudger Tool
3. Cutter
4. Blower / Solder uap / Hairdryer
5. Lem khusus
6. Karet gelang

Jika bahan diatas sudah kita siapkan,mari kita mulai tutorialnya.

Lepas SIM Tray terlebih dahulu.



Membuka / melepaskan tutup baterai / backdoor menggunakan spudger tool, bias menggunakan mika.






Untuk membuka metal plate yang menutupi soket baterai, kita lepaskan semua skrup yang dilingkari terlebih dahulu. Gunakan obeng plus + untuk melepas skrup.


Setelah skrup sudah dilepas smua, selanjutnya kita memisahkan plate dari body oppo a3s ini. Hati – hati saat melepas plate.



 Setelah terbuka, kita lepaskan baterai dari soketnya, kemudian flexible lcd & flex SUB Board.


Lepaskan kabel antenna dari motherboard, kemudian congkel motherboard dengan pinset, hati – hati saat mencongkel motherboard & pisahkan motherboard dari bodi oppo a3s.






 Tahap selanjutnya melepas baterai dengan cara menarik plastic hijau yang menempel pada samping baterai. Lihat gambar,







 Lepas juga plastic yang menempel pada body oppo a3s. Lihat Gambar
Tarik flexible lcd.




Panaskan lcd dengan Blower / heat gun / hairdryer, kemudian congkel dengan cutter








Siapkan LCD Baru.




Bersihkan sisa lem lcd yang masih menempel pada body oppo a3s.




Jika dirasa sudah bersih, saatnya mengaplikasikan lem pada body depan oppo a3s.







Sebelum memasang lcd ke body oppo a3s, masukan flexible nya terlebih dahulu. Lihat gambar.






Untuk hasil pemasangan LCD agar lebih rapih, gunakan karet/alat press lcd. Lihat gambar.
Tunggu satu jam / jika dirasa sudah kering, lepaskan karet.



Terakhir adalah merakit kembali semua part yang kita lepas seperti tahap awal.
Pasang motherboard ke body oppo a3s.



Pasang semua flexible, mulai dari flexible Sub Board, kemudian flexible lcd & kabel antenna.









 Pasang Baterai dan sambungkan soket baterai.




Pasang plate serta baut.




 Pasang tutup belakang oppo a3s, dan yang terakhir bersihkan sisa lem pada bagian pinggir LCD.
Jika dirasa sudah bersih, nyalakan Oppo a3s.

Selesai



cara mengganti lcd oppo
cara mengganti lcd oppo yang pecah
cara mengganti lcd pecah
cara mengganti lcd hp dengan mudah
cara mengganti lcd hp android
cara mengganti lcd oppo a3s pecah
cara mengganti touchscreen oppo
cara mengganti touchscreen yang pecah


LCD pada suatu ponsel maupun smartphone merupakan salah satu komponen utama yangterdapat pada sebuah handphone. Karena segala aktivitas pada sebuah smartphone atau tablet berawal pada LCD. Dapat dibayangkan apa yang akan terjadi jika touchscreen hp tidak merespon ketika disentuh, terlebih lagi jika layar hp anda pecah karena terbentur sesuatu. Pasrah, panik, bingung dan tentunya sedih yang ada dalam perasaan kita saat semua itu terjadi.

Tentang LCD Handphone - Secara umum LCD Hape terdiri dari 2 jenis yaitu lcd menggunakan socket dan lcd yang disolder langsung ke papan PWB handphone. Kita kita sudah mengenal jenis dari sebuah LCD tidak akan sulit ketika kita nantinya akan mencoba memasang layar sentuh handphone sendiri. Untuk harga sebuah LCD-pun juga tidak terlalu mahal di jaman sekarang ini, karena semakin banyak hp touchscreen yang beredar sehingga membuat semakin banyak pula sparepart layar sentuh yang dipasarkan.
Lalu bagaimana tutorial dalam merangkai layar sentuh hp / tablet android sendiri ? Pada pertemuan kali ini kami akan membagikan suatu tips untuk anda yang ingin mengganti layar hp sendiri yang dikarenakan touchscreen sudah tidak merespon lagi. Mari kita simak secara seksama agar dapat memahami penggantian part LCD tanpa menuju tukang service hp.

Pertama buka baut baut yang ada di cassing hp, gunakan sebuah obeng kecil yang sudah disiapkan kemudian lepaskan cassing.
Setelah terbuka sekarang lepaskan conector touchscreen yang ada pada mother board lalu saatnya membuka touchscreen. Lepaskan secara perlahan touchscreen bagian atas atau bawahnya terlebih dahulu menggunakan cutter sedikit saja sampai sisi kiri kekanan terbuka ( tahan ) lalu masukkan benang ke bawah touchscreen yang terbuka tadi. Kemudian tarik secara perlahan sampai touchscreen terlepas dari perekatnya ambil perlahan pisahkan touchscreen dari hp anda.
Sekarang ambil touchscreen yang baru anda beli, pasang conector toucscreen ke mother boardnya lalu jangan di tutup dahulu casingnya coba dulu hidupkan handphone anda. Posisikan touchsreen berada di atas lcd hp ( jangan terlalu direkatkan untuk mempermudah melepas kembali touchscreen jika tidak berfungsi ) dan coba apakah touchscreen yang anda beli berfungsi atau tidak.
Jika layar sentuh sudah berfungsi tiba saatnya untuk merekatkan touchscreen pada posisinya menggunakan lem/ perekat yang sudah disiapkan.
Setelah selesai semua dan touchscreen sudah tertempel pada tempatnya, sekarang pasang semua baut baut dan cassingnya lalu pasang batrei dan nyalakan, layar sentuh sudah bisa kembali digunakan.

Terima kasih telah membaca artikel ini & dipublikasikan oleh Improop Blog'

0 komentar:

Post a Comment

Improop Blog. Powered by Blogger.

Search This Blog

Total Pageviews

Popular Posts

1825458